Koperasi UMKM Jawa Tengah

Koperasi UMKM Jawa Tengah Sejahtera adalah organisasi bisnis sosial berbadan hukum Koperasi yang memiliki tujuan untuk menjadi pusat perkuatan UMKM di wilayah Jawa Tengah agar terwujud UMKM yang Kuat Karakternya, Kuat Produktivitasnya, dan Kuat Daya Saingnya dalam lingkungan lokal maupun global, sebagaimana visi UMKM KUAT 2045 yang dicanangkan oleh kawan-kawan ABDSI selama ini.

Bentuk Koperasi (dengan inovasi) kami yakini merupakan kendaraan yang paling tepat untuk memperkuat UMKM agar dapat bersaing dalam kompetisi global.

Koperasi ini akan dibangun berdasarkan prinsip-prinsip sebagaimana berlaku dalam Guidance ICA :

  1. Keanggotaan Sukarela dan Terbuka
  2. Pengendalian secara demokratis oleh anggota
  3. Partisipasi ekonomi anggota
  4. Otonom dan independen
  5. Pendidikan, Pelatihan, dan Informasi
  6. Kerjasama Antar Koperasi
  7. Peduli terhadap Masyarakat/ Sosial

Visi Koperasi UMKM Jateng adalah menjadi Koperasi Modern Mendunia dengan mengkolaborasikan potensi hexahelix (pemerintah, akademisi, bisnis, komunitas, media, dan pendamping) melalui 2 pendekatan kunci, yaitu : (1) Digitalisasi; (2) Amoeba Business Model.

Unit usaha utama koperasi adalah portal www.umkmjateng.com yang merupakan portal komunitas dan pendampingan UMKM berbasis hybrid system (online & offline) dan yang telah terkoneksi dengan payment system (lakupay.id) dan marketplace (lakumarket.id).

Selain itu, unit usaha yang menjadi gerbong dari portal ini akan dibangun menyesuaikan kebutuhan, peluang, dan potensi yang dimiliki oleh anggota, seperti jasa percetakan, pengemasan, digital marketing, training provider, trading house, perdagangan, dan sebagainya. Inilah yang disebut dengan model bisnis amoeba.

Segera pastikan kamu bergabung dalam koperasi ini.

Baca Juga:  INILAH 7 SEBAB BISNIS BANGKRUT DI TAHUN PERTAMANYA