7 Manfaat Pelatihan UMKM yang Wajib Anda Tahu

Ingin melejitkan UMKM yang Anda jalankan? Maka Anda harus rutin mengadakan atau mengikuti pelatihan bisnis UMKM. Pelatihan atau training selalu dibututuhkan jika Anda ingin mengembangkan dan memajukan usaha. Apapun jenis usaha yang Anda jalankan, Anda tetap perlu aktif mengikuti pelatihan guna menambah wawasan.

Jika Anda berpikir UMKM belum memerlukan pelatihan, maka Anda mengubah cara berpikir itu. Justru para pelaku UMKM memerlukan banyak pelatihan untuk membuat usahanya mendunia. Apa mungkin? Sangat mungkin jika Anda rajin mengikuti pelatihan dan banyak bertemu serta meminta saran dan pendapat dari yang sudah ahli.

Pelatihan UMKM, perlu Anda ketahui ada beberapa jenis, seperti pelatihan manajerial atau pelatihan teknik produksi. Pelatihan-pelatihan semacam ini bisa diikuti oleh pemilik usaha juga karyawan. Ini bisa menjadi investasi yang baik bagi keberadaan usaha Anda.

Bagaimana bisa pelatihan menjadi investasi bagi usaha Anda? Ini karena pelatihan-pelatihan tersebut memiliki banyak manfaat untuk memajukan usaha Anda. Apa saja? Mari kita simak bersama.

Manfaat pelatihan UMKM yang perlu Anda tahu

1. Meningkatkan produktivitas

Ketika keterampilan manajerial dan teknik produksi meningkat, maka ini akan memengaruhi tingkat produktivitas usaha Anda. Pelatihan yang Anda dapatkan juga akan membantu Anda saat masalah-masalah bisnis datang. Anda akan mampu mengatasinya tanpa mengabaikan performa kerja.

2. Meningkatkan kemampuan Anda dan karyawan

Pelatihan-pelatihan UMKM selain memberi wawasan lebih bagi Anda juga mempercepat proses belakar para karyawan Anda. Mereka akan secara lebih cepat mampu memenuhi standar kerja yang Anda tentukan. Meningkatnya keterampilan mereka berdampak baik terhadap usaha Anda.

3. Kenyamanan dan keamanan kerja meningkat

Ketika Anda jmengetahui dengan benar cara-cara menjalankan usaha, Anda akan bekerja dengan aman dan nyaman. Para karyawan pun mengerjakan tugasnya sesuai aturan yang semestinya. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya akibat kecelakaan kerja.

Baca Juga:  5 Masalah Mendasar UMKM

4. Membangun mental serta karakter yang kuat 

Tanpa mentak serta karakter yang kuat, saat rintangan atau halangan datang, mungkin Anda akan mudah menyerah. Dengan aktif mengikuti pelatihan UMKM, Anda akan memiliki keberanian mengambil risiko dan menghadapi kegagalan. Tidak hanya itu, Anda akan mampu bangkit dan kembali berjuang.

5. Memberi referensi dalam memulai dan memilih bisnis

Peltihan UMKM tidak hanya bermanfaat untuk memotivasi dan menambah wawasan serta keterampilan, tetapi juga memberi referensi. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis tetapi belum tahu bisnis apa yang bisa dijalankan sesuai keahlian dan kemampuan serta hobi dan modal yang ada, pelatihan UMKM berguna bagi Anda.

6. Memajukan dan mengembangkan UMKM yang Anda jalankan

Jika Anda sudah sedang menjalankan usaha kecil, maka pelatihan UMKM bisa memberi banyak keuntungan. Anda akan mengetahui cara menjalankan bisnis yang benar dan strategi seperti apa yang sesuai. Selain itu, Anda juga akan belajar mengatur keuangan yang baik dan masih banyak lagi.

7. Meraih sukses dalam menjalankan UMKM

Pelatihan UMKM juga membantu Anda meningkatkan penghasilan serta keuntungan bisnis yang Anda jalankan. Ketika keterampilan dan wawasan Anda bertambah, maka Anda dan karyawan tentu lebih mahir pula menjalan usaha. Dengan begitu, Anda akan menjadi pelaku UMKM yang makin sukses dan gemilang.

Setelah mengetahui manfaat-manfaat pelatihan UMKM, ada baiknya pula jika Anda mencari tempat belajar bisnis online. Mengapa? Saat ini banyak pengusaha menggunakancara online untuk menjual produk-produknya. Supaya tidak ketinggalan, belajarlah pula secara online.

Sebaiknya sebelum memilih tempat untuk belajar secara online, perhatikan lalu terapkan langkah-langkah berikut ini.

Langkah-langkah sebelum memilih tempat belajar bisnis online guna melengkapi pelatihan UMKM yang sudah Anda dapatkan

Pilih tempat belajar bisnis online yang diampu oleh tenaga ahli dan berpengalaman. Sebaiknya lakukan observasi terlebih dahulu dan kenali trainer atau pengajar yang akan mengajari Anda. Perlu Anda pastikan bahwa pengajar ini sudah terbukti berhasil dengan teorinya.

Baca Juga:  5 Tips Mengembangkan Usaha Kecil di Era Digital

Pilih tempat belajar bisnis online yang sudah mendapatkan testimoni positif. Cek terlebih dahulu apakah tempat tersebut sudah mendapatkan banyak testimoni positif dari peserta-pesertanya. Bila perlu, cen juga apakah nama pemberi testimoni tersebut asli atau hanya rekayasa.

Pilih tempat belajar bisnis online yang murni. Artinya, tempat belajar tersebut hanya menawarkan Anda ilmu-ilmu berbisnis online, bukan menawarkan berbagai produk dari usaha yang mereka jalankan. Jadi, tempat belajar tersebut tidak memiliki maksud terselubung dibalik memberi ilmu berbisnis secara online.

Pilih tempat belajar bisnis online sesuai kebutuhan. Jadi, Anda perlu memastikan tempat belajar yang Anda pilih menawarkan materi belajar yang sesuai dengan yang Anda butuhkan untuk mengembangkan bisnis Anda. Selain memberikan teori, jadi nilai plus jika  tempat belajar tersebut juga memberi kesempatan bagi Anda untuk mempraktikkannya.

Pilih tempat belajar bisnis online yang memberi garansi. Ini, tentu saja jika memungkinkan, pilih tempat belajar yang memberi garansi setelah masa belajar. Tempat belajar seperti ini tentu memiliki nilai plus karena pelaku bisnis juga tetap memerlukan bimbingan serta saran setelah terjun ke dunia usaha.

Demikian langkah-langkah yang sebaiknya Anda terapkan sebelum memilih tempat belajar online guna melengkapi pelatihan UMKM yang sudah Anda ikuti. Teruslah mencari referensi dan terus belajar dari berbagai sumber supaya kemampuan Anda dan karyawan (jika sudah ada) terus berkembang guna memajukan usaha.

Setelah belajar tentang bisnis online, sebaiknya Anda juga belajar tentang internet marketing untuk menunjang pelatihan dan pengetahuan yang sudah Anda dapatkan. Di bawah ini adalah langkah-langkah mempelajari internt marketing untuk mengembangkan usaha Anda secara online.

  1. Mempelajari internet marketing secara otodidak. Anda belajar sendiri melalui banyak sumber, misalnya forum berupa grup di WhatsApp atau Telegram yang sekarang sedang marak. Bisa juga Anda belajar melalui artikel, buku atau langsung dari para pakarnya.
  2. Mempelajari internet marketing melalui seminar/workshop. Banyak seminar/workshop diera digital ini yang sering diadakan guna mendukung pengusaha untuk berjualan secara online dan melejitkan usahanya. Anda yang belajar otodidak juga bisa sangat diuntungkan melalui seminar/workshop semacam ini.
  3. Mempelajari internet marketing secara offline. Ini biasanya memakan lebih panjang karena bisa langsung praktik didampingi tenaga mentor. Evaluasi secara rutin diadakan guna mengetahui faktor-faktor apa saja yang menguntungkan dan bagian-bagian mana saja yang merugikan.
  4. Mempelajari internet marketing secara online. Ini biasanya bisa menggunakan fitur-fitur chat atau video call dari akun-akun media sosial. Dengan menentukan hari dan jam, Anda dan mentor Anda bersama dengan orang-orang lain yang ingin belajar bisa bertatap muka dan langsung belajar dari ahlinya.
Baca Juga:  10 Manfaat Digital Marketing untuk UMKM

Dari langkah-langkah di atas, secara berkala teruslah mengevaluasi perkembangan usaha yang Anda jalankan. Pastikan Anda sebelumnya menyiapkan niat dan komitmen yang kuat untuk mengembangkan usaha. Miliki semangat terus bangkit meski mungkin usaha Anda sedang turun pendapatannya.

Akhirnya, selamat mencoba langkah-langkah bermanfaat di atas dan terus aktif mengikuti pelatihan UMKM guna meningkatkan kemampuan berbisnis Anda. Demikian 7 manfaat pelatihan UMKM yang wajib Anda tahu dan tambahan-tambahan yang Anda perlukan untuk maju. Selamat berjuang.