10 Peluang Usaha Sampingan Menjanjikan bagi Karyawan

Usaha sampingan menjadi solusi tepat bagi karyawan yang masih mengeluh gajinya kurang dan membutuhkan penghasilan tambahan. Apakah Anda salah seorang karyawan yang mengeluhkan hal serupa? Anda membaca artikel yang tepat. Ada banyak peluang usaha bagi Anda dan kita akan membahas 10 di antaranya.

Jika Anda seorang karyawan, manfaatkan fasilitas dari kantor sebaik-baiknya. Bukan berarti lantas Anda menggunakan telepon kantor untuk kepentingan pribadi atau memakai uang perusahaan untuk membuka usaha. Memanfaatkan fasilitas di sini berarti Anda secara cerdas menggunakan peluang yang ada untuk usaha.

Misalnya saja, saat jam makan siang, Anda bisa menjalankan usaha online Anda. Sambil menikmati makan siang, Anda bisa mengecek orderan yang masuk atau membalas komen dari pengunjung akun medsos atau website. Contoh lainnya, Anda biasa selesai kerja pukul 4 dan baru pulang pukul 5 sore. Gunakan waktu dan Wi-Fi yang ada untuk mengoptimalkan bisnis.

Butuh modal besar? Mulai sekarang, singkirkan pikiran tentang usaha dengan modal besar, karena ada banyak usaha dengan modal kecil bahkan sama sekali tanpa modal. Butuh ide apa saja peluang usaha sampingan yang menjanjikan? Mari kita simak bersama.

10 Peluang Usaha Peluang Menjanjikan Bagi Karyawan Sebagai Referensi Untuk Anda

1. Jasa SEO

Jika Anda memiliki keahlian di bidang SEO, kesempatan besar bagi Anda terhampar di depan mata. Saat ini begitu banyak penjual online yang sudah memiliki website dan ingin websitenya berada di urutan pertama pada mesin pencari Google. Dengan memanfaatkan fasilitas kantor seperti Wi-Fi saat makan siang, Anda bisa sambil menjalankan usaha sampingan.

Usaha sampingan ini memang membutuhkan waktu. Tetapi jika mulai Anda jalankan dan Anda mulai mengenal ritem kerjanya, maka penghasilan tambahan ada di tangan.

Baca Juga:  TEMUKAN PANGGILAN JIWA

2. Penulis/ghost writer

Maraknya usaha online membuat banyak pula pengusaha yang membuat website. Mereka membutuhkan jasa penulis untuk mengisi website. Konten berupa artikel banyak dibutuhkan untuk mengoptimasi website. Jika Anda senang menulis, usaha sampingan ini pas untuk Anda.

Anda bisa menulis saat pekerjaan kantor sedang longgar, atau ketika ja istirahat. Atau, jika itu tidak memungkinkan, maka kerjakan sepulang kantor setelah beristirahat yang cukup. Tetaplah menjaga keshatan dan stamina tubuh, karena bagaimanapun Anda punya tanggung jawab terhadap pekerjan Anda baik yang fulltime atau freelance.

3. Kontributor media massa

Media massa selalu membutuhkan kontributor dari berbagai daerah. Untuk menekan biaya transportasi, perlengkapan dan lain-lain, kontributor di tiap daerah menjadi sangat membantu untuk mengisi berita. Bagi Anda yang senang menulis sekaligus suka berpetualang dan jalan-jalan, profesi ini pas untuk Anda.

Misalnya Anda sedang terikat kontrak dengan suatu perusahaan tetapi merasa tertantang dengan usaha sampingan ini, Anda bisa mencoba membangun channel dengan orang-orang yang ada di media-media massa. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah mendapatkan pekerjaan tersebut.

Pastikan Anda menjadi kontributor yang menghasilkan karya yang selalu dinantikan oleh pembaca. Hal ini akan membangun rasa percaya media massa tersebut kepada diri Anda. Selalu update lah dengan berita-berita terkini di sekitar Anda dan pintar-pintarlah mengolahnya menjadi tulisan yang menarik untuk dibaca.

4. Desain grafis

Sama halnya dengan jasa SEO, usaha sampingan ini memerlukan keahlian dan pengetahuan khusus. Jika Anda senang mengolah image, bermain warna atau membuat ilustrasi, kemampuan Anda ini bisa sangat dibutubkan oleh para pengusaha yang juga menjalankan bisnisnya secara online.

Banyak pengusaha kini memiliki website, dan website selalu membutuhkan konten image untuk membuatnya lebih menarik. Tarifnya bisa Anda sesuaikan dengan jam terbang Anda dan tingkat kesulitan desain yang diminta oleh klien.

Baca Juga:  Ketika Wapres Jusuf Kalla Bertemu Pelaku UMKM

5. Penerjemah

Bahasa asing apa yang Anda kuasai? Itu bisa menjadi bekal Anda untuk menjadi penerjemah di perusahaan atau penerbitan juga media massa. Jika Anda senang membaca, menjadi penerjemah bisa menjadi pekerjaan sekaligus momen bersenang-senang. Melamarlah di penerbitan-penerbitan karena mereka selalu membutuhkan penerjemah.

Menjadi penerjemah buku-buku asing bagi penerbit bisa memberi keuntungan ganda bagi yang suka membaca. Sambil menerjemahkan, tentu Anda membaca bukunya. Selain pengetahuan bertambah, penghasilan pun ikut bertambah.

6. Menawarkan jasa katering

Bagi Anda yang suka memasak, menawarkan jasa katering adalah pilihan usaha sampingan yang menarik. Selain Anda melakukan hobi, Anda juga mendapatkan uang tambahan. Jika katering dalam jumlah besar belum bisa Anda atasi, Anda bisa menawarkan katering untuk makan siang teman sekantor.

Misalnya, Anda bisa mendaftar siapa saja yang besok akan memesan makan siang. Ini memudahkan Anda untuk mengira-ngira harus seberapa banyak membeli bahan makanan untuk diolah. Anda bisa memasaknya malam sebelum tidur atau pagi-pagi sekali sebelum ke tempat kerja.

Pastikan Anda menjaga kualitas rasa serta kualitas bahan makanan supaya teman-teman kerja yang biasa memesan tetap loyal memesan. Dengan begitu, teman-teman Anda akan menceritakannya pada orang lain sehingga membuat katering Anda makin dikenal lebih banyak orang.

7. Membuka jasa dropshipper

Usaha sampingan satu ini bisa tanpa modal. Ada beberapa supplier yang tidak mengharuskan reseller-nya untuk membayar uang dalam jumlah tertentu. Jadi, Anda hanya tingga memajak produk dengan harga yang sudah Anda naikkan untuk keuntungna Anda, dan supplier Anda yang mengirimkan barangnya ke alamat pelanggan Anda.

8. Membuka toko online/online shop

Berbeda dengan dropshipper, membuka toko online harus menyediakan produk-produk yang Anda tawarkan. Mau tidak mau, Anda perlu memiliki stok produk karena pembeli tidak bisa diprediksi kapan dan seberapa banyak yang mereka inginkan.

Baca Juga:  Program Kemitraan BUMN Untuk Permodalan UMKM

Sudah banyak yang membuka toko online, maka Anda perlu membuat perbedaan pada toko Anda. Amati kompetitor Anda, lalu lakukan eksplorasi pada produk Anda sendiri. Apa saja yang bisa menjadi unggulan dan keunikan dibanding produk kompetitor. Ini perlu Anda lakukan terutama jika produk yang Anda jual serupa atau sama.

9. Menjual makanan ringan

Makanan ringan selalu laku di kantor-kantor atau tempat-tempat kerja. Ini bisa Anda buat sendiri atau langsung saja membeli secra grosir di penjual. Pilih beberapa jenis yang paling disukai, kemudian Anda kemas sendiri dalam plastik-plasik dan kemas dengan cantik.

10. Menjual produk DIY

Jika Anda termasuk yang peduli lingkungan dan paling tidak bisa melihat barang-barang bekas menumpuk, usaha sampingan ini untuk Anda. Anda bisa mengubah barang-barang bekas menjadi hiasan dinding, perkakas baru bahkan aksesoris. Bagaimana caranya? Anda bisa mencari tutorialnya lewat YouTube.

Anda bisa membuat sesuai dengan passion Anda. Jika Anda senang membuat hiasan dinding, maka ciptakan bentuk-bentuk menarik supaya banyak orang membeli. Tidak hanya menarik, Anda perlu memastikan kualitasnya pun bisa dipercaya.

Dari 10 peluang usaha sampingan menjanjikan bagi karyawan di atas, adakah yang menginspirasi Anda? Jika belum ada gambaran sama sekali akan memulai usaha sampingan apa, teruslah mencari referensi sampai menemukan passion Anda. Selamat mencoba.