UMKM Kuat 2045

Tahun lalu, pada puncak peringatan Hari Nasional UMKM 2018 di Bukittinggi, Sumatera Barat telah diluncurkan inisiasi untuk menyusun Peta Jalan (Roadmap) UMKM Kuat 2045 sebagai visi bersama dalam pengembangan UMKM menjadi tulang punggung perekonomian bangsa.

Visi Indonesia Emas 2045 yang disusun oleh pemerintah  menempatkan UMKM dan Koperasi sebagai enabler bangsa yang berdaulat. Pada acara yang digelar di Istana Bung Hatta 12 Agustus 2018 tersebut juga diluncurkan visi Koperasi Modern Mendunia 2045 yang merupakan strategi tidak terpisahkan dengan UMKM Kuat 2045.

Visi merupakan sebuah tujuan, titik fokus kemana dan bagaimana arah yang akan kita tuju. Kondisi di masa mendatang yang kita harapakan. Dan sebelum mengupas tentang bagaimana visi UMKM dan Koperasi, rasanya perlu kita kupas terlebih dahulu seperti apa dan bagaimana UMKM kita di hari ini.

Harus kita akui, definisi tentang UMKM saat ini masih menyisakan problem bagi kita sendiri dalam tataran kebijakan maupun implementasi di lapangan.    Karena itu penting untuk meredefinisi ulang UMKM sebelum lebih jauh memproyeksikan visi.

Baca Juga:  Melihat Peluang Bisnis dengan Google Trends