6 Prinsip Sanitasi Higienis untuk Usaha Kuliner Anda

Menurut Depkes RI “tahun 2004” pengertian Hygiene adalah upaya kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan individu, misalnya mencuci tangan untuk kebersihan tangan, mencuci piring untuk melindungi kebersihan piring, membuang bagian makanan yang rusak untuk melindungi keutuhan makanan secara keseluruhan.

 

Dilansir pada situs milik RSUP Sarjito, https://sardjito.co.id/2019/03/13/pentingnya-sanitasi-dalam-pengelolaan-makanan dalam pengelolaan makanan, ada 6 prinsip yang harus diperhatikan yaitu keadaan bahan makanan, cara penyimpanan bahan makanan, proses pengolahan, cara pengangkutan makanan yang telah dimasak, cara penyimpanan makanan masak dan cara penyajian makanan masak. Peralatan makanan dan minuman dapat dipergunakan seperti piring, gelas, mangkuk, sendok atau garpu juga harus dalam keadaan bersih. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah bentuk peralatan utuh, tidak rusak, cacat, retak atau berlekuk-lekuk tidak rata, peralatan yang sudah bersih dilarang dipegang di bagian tempat makanan, minuman atau menempel di mulut karena akan terjadi pencemaran mikroba melalui jari tangan. Selain itu, peralatan yang sudah retak, gompel atau pecah selain dapat menimbulkan kecelakaan (melukai tangan) juga menjadi sumber pengumpulan kotoran karena tidak akan dicuci sempurna dan kita tidak diperbolehkan menggunakan kembali peralatan yang dirancang hanya untuk sekali pakai.

Untuk mengajak pengusaha kuliner peduli pada keamanan pangan, Restoku bersama Gizigo mengadakan acara dengan judul 6 Prinsip Santasi Higienis Untuk Usaha Kuliner, acara akan dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2019 di PLUT Yogyakarta. Acara ini terbuka untuk umum dengan pembicara Expert Board dari Gizigo.id. Fasty Arum Utami S.Gz., M.Sc. Gizigo sendiri merupakan startup yang fokus pada bidang konsultasi gizi. Gizigo sudah memiliki 6 orang penasihat ahli yang bisa melayani keluhan masyarakat terkait permasalahan tentang gizi. Pada seminar kali ini Restoku berkolaborasi dengan Gizigo untuk menjelaskan bagaimana penting nya sanitasi higienis untuk usaha kuliner. Harapan dari adanya seminar ini adalah para penggiat UMKM Kuliner khususnya yang berada di Yogyakarta semakin peduli pada kebutuhan pengetahuan tentang kualitas makanan dari usaha kuliner nya.

Baca Juga:  UMKM di Banten Tumbuh Pesat

Spesial pada bulan Agustus ini, pada acara Restoku Talk #1 ini Restoku memberikan tiket gratis untuk klien yang sudah upgrade premium, untuk info lengkap nya bisa melalui CP di 0857 – 9920 – 3533 atau langsung isi form di bit.ly/PrinsipHigienis.