Manfaat Website Bagi UMKM yang Perlu Anda Tahu

Diera digital ini, masih banyak pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang belum sadar akan penggunaan website. Padahal setiap saat mereka membawa smartphone kemana-mana. Hampir setiap saat pula memandang layar ponsel.

Padahal jika para pelaku UMKM memiliki website, mereka yang kesulitan memasarkan produk/layanannya akan sangat terbantu. Mengapa? Saat segalanya serba online, maka ini lah kesempatan bagi pelaku UMKM untuk melejitkan usahanya secara online pula.

Kemudahan mengakses internet diera digital ini juga menjadi kesempatan besar bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya. Internet memiliki banyak fungsi, antara lain sebagai sumber berita, bersosialisasi secara online, digital marketing juga sebagai media untuk saling bertukar informasi.

Bisa kita lihat dimanapun, apalagi di kafe-kafe atau pusat-pusat keramaian, hampir setiap orang menunduk, melihat layar ponselnya. Dengan memiliki website sendiri dan menyediakan versi mobile-nya, maka pelaku UMKM sudah mengambil langkah tepat untuk mengembangkan usaha.

Dari uraian di atas, jelaskan pelaku UMKM memiliki kesempatan besar untuk menjangkau (calon) konsumen yang sebelumnya mustahil untuik dijangkau. Internet memungkinkan mereka untuk berkomunikasi lancar dan mudah melalui internet dan fitur-fitur chat yang tersedia melalui website dan akun-akun media sosial.

Saat ini pelaku UMKM makin banyak, jika tidak memikirkan langkah-langkah cerdas, maka jelas akan terlindas dalam persaingan. Salah satu langkah cerdas adalah dengan memanfaatkan serta mengoptimalkan kemajuan teknologi dan informasi.

Internet yang mendukung kemajuan teknologi menjadi satu alat yang tidak boleh diabaikan oleh para pelaku UMKM. Jika Anda kesempatan untuk melejitkan usaha bahkan go international, ya mengapa tidak?

Namun, ada baiknya para pelaku UMKM memperhatikan beberapa hal sebelum mulai memasarkan produk/layanannya secara online. Ini perlu supaya Anda tidak sekadar ikut tren, tetapi tahu betul manfaat internet bagi perkembangan usaha Anda.

Baca Juga:  KONSULTASI BISNIS UMKM LEBIH MUDAH DENGAN UMKMJOGJA.ID

Jadi, apa saja manfaat internet bagi pelaku UMKM?

Antara lain bisa membantu untuk memudahkan interaksi dengan (calon) pelanggan/konsumen. Platformnya pun bisa macam-macam, seperti email, fitur chat, atau video call. Dengan internet, jarak dan waktu berada dalam genggaman, bukan lagi penghalang.

Selain itu, keberadaan internet juga sangat membantu para pelaku UMKM untuk mempromosikan produk/layanannya ke seluruh penjuru dunia, tidak hanya di daerahnya.

Bagaimana pelaku UMKM menjangkau konsumen baru dari seluruh penjuru dunia? Bisa dengan mendirikan online shop atau toko online melalui akun-akun media sosial maupun website dan blog. Apa saja akun media sosial yang Anda miliki?

Optimalkan akun-akun media sosial tersebut menjadi alat marketing yang membantu Anda memperkenalkan produk/layanan Anda. Meski banyak memberi peluang bagi pelaku UMKM, internet juga memberi risiko baru bagi yang masih asing atau jarang menggunakannya.

Memang mudah memasarkan produk/layanan secara online. Tetapi, tetap dibutuhkan pengetahuan untuk membuat website/blog Anda berada di rangking 1 pada mesin penari Google.  Ini untuk memudahkan konsumen menemukannya.

Skill SEO dan pengetahuan tentang Backlink serta keyword, perlu dipelajari sebelum kemudian dipraktikkan pada website/blog yang dioptimasi.

Jadi, tidak asal meng-online-kan, tetapi perlu menambah pengetahuan serta kemampuan sehingga ketika sudah memiliki website, maka pelaku UMKM sudah tahu langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan. Bagi pelaku UMKM yang memiliki modal cukup, optimasi website bisa diserahkan kepada ahlinya.

Pelaku UMKM tinggal menjalankan bisnis. Sementara ahli SEO yang mengoptimasi website sehingga makin banyak orang mengenal produk/layanan Anda.

Jadi, bagi para pelaku UMKM yang masih menimbang-nimbang pentingnya website bagi usaha yang dijalankan, cobalah untuk kembali mempertimbang prioritas utama Anda saat ini, sebab website bukan lagi opsi bagi setiap pebisnis, melainkan keharusan.

Baca Juga:  Lima Peraturan Dasar Keuangan

Website banyak membantu pengusaha untuk tetap eksis ketika ada akun-akun media sosial yang sudah tidak lagi menjadi tren. Website juga memposisikan pebisnis untuk siap bersaing.

Sebelum Anda mencari jasa pembuat website yang sesuai, sebaiknya terlebih dahulu Anda mengetahui apa saja manfaat website bagi UMKM.

Manfaat Website Bagi UMKM yang Perlu Anda Tahu

(Pic. from Upperlink – Upperlink Limited)

Apa saja manfaat website bagi UMKM? Mari kita simak bersama

Banyak orang sekarang mencari produk/layanan secara online. 

Ini dia alasan pertama mengapa pelaku UMKM perlu memiliki website. Hampir semua orang kini memiliki smartphone. Hampir setiap saat pula orang-orang memandang layar HP, entah itu untuk berkomunikasi, main game atau berbisnis dan bertransaksi.

Dari fakta-fakta di atas, tanpa website, jelas pelaku UMKM kehilangan kesempatan untuk mendapatkan konsumen baru yang sedang mencari produk secara online melalui mesin pencari.

Website memasarkan 24 jam sehari 

Akun-akun medis sosial memang juga efektif sebagai alat pemasaran, tetapi ada masanya akun-akun tersebut tidak lagi menjadi populer dan disukai banyak orang.

Berbeda dengan website, ia tidak tergerus oleh waktu. Hanya mungkin tampilan serta konten yang harus senantiasa diperhatikan dan di-update. Buat pengunjung website Anda kerasan dengan menyuguhkan konten menarik yang bermanfaat.

Memudahkan orang mencari produk/layanan yang mereka cari

Orang-orang kini banyak yang mencari apapun secara online. Sudah sangat jarang sekarang orang-orang yang mencari produk/layanan juga informasi melalui media massa seperti koran. Dengan HP selalu dalam genggaman, maka jelas orang lebih memilih mencari informasi secara online melalui mesin pencari.

Di sinilah kemampuan dan pengetahuan SEO akan menjadi sangat berguna, karena untuk membuat website Anda tetap pada rangking teratas dibutuhkan optimasi. Di sini pula konten juga harus sangat diperhatikan.

Baca Juga:  Sosok Pembangun Kampoeng Cyber Jogja

Memudahkan interaksi dengan konsumen/palanggan

Daripada menemui satu demi satu untuk menjaga komunikasi, tentu saja cara online jauh lebih mudah dan lebih cepat. Website bisa membantu pelaku UMKM untuk mengumpulkan database pengunjung dengan menyimpan email-email pengunjung.

Melalui email-email tersebut, pelaku UMKM bisa terus berinteraksi dengan konsumen melalui newsletter jika ada informasi yang akan disampaikan seperti produk baru atau harga promo.

Di atas semua itu, website memberi kenyamanan dan menjadi alat yang efektif untuk mempertahankan komunikasi serta hubungan dengan (calon) pelangan.

Membantu pelaku UMKM untuk mempelajari pasar

Website membantu para pelaku UMKM untuk menganalisis perilaku pengunjung/pelanggan. Melalui website Anda juga akan mengetahui apa yang sedang disukai dan menjadi tren. Asal pengunjung website pun bisa dilacak sehingga juga bisa menjadi acuan untuk ke depannya membuka cabang baru, di daerah yang baru.

Menempatkan pelaku UMKM pada posisi siap bersaing

Sudah pasti pesaing Anda juga punya website, karena sekarang ini website menjadi kebutuhan, bukan lagi pilihan. Selain memanjakan (calon) pelanggan dengan kenyamanan dan kemudahan berbelanja, website menempatkan para pelaku UMKM pada posisi siap bersaing.

Bagaimana bisa? Website memungkinkan pengusaha dari berbagai level mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar sekalipun. Usaha rumahan yang sudah memiliki website pun akan dengan mudah go international jika terus memperbaiki kualitas produk dan kemasan produk mereka.

Dengan demikian, internet jelas berperan besar dalam memajukan UMKM. Website sebagai alat pendukung pemasaran efektif sudah selayaknya dimiliki oleh para pengusaha yang merintis dari rumah sekalipun.