Launching Program dan FGD Modul Inkubator Bisnis UMKM Naik Kelas DIY

Dinas Koperasi UMKM DIY tahun ini menyelenggarakan program Inkubator Bisnis UMKM Naik Kelas untuk menghasilkan UKM yang bertumbuh dan naik kelas. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi UKM DIY Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA pada FGD Inkubator Bisnis yang diadakan pada hari Rabu, 7 Februari 2019 di aula PLUT DIY.

FGD selain dihadiri anggota Tim Ahli Inkubator Bisnis juga dihadiri oleh dinas koperasi umkm kabupaten dan kota se-DIY, ABDSI dan KKMB sebagai lembaga pendamping, serta jajaran pejabat Dinas Koperasi UKM DIY. Dalam kesempatan tersebut hadir juga Asisten Sekretaris Daerah II Bidang Ekonomi dan Pembangunan DIY Drs. Tri Saktiyana MSi dan juga wakil ketua Kadin DIY, Wawan Hermawan.

Dalam sambutannya, Assekda II DIY memberikan arahan bagaimana sebaiknya sebuah program inkubator dapat bermanfaat dalam mendorong UMKM DIY untuk Naik Kelas. Program Inkubasi harus bisa menarik kolaborasi multipihak dengan mengedepankan UMKM DIY yang Istimewa, yaitu UMKM yang memiliki Daya Juang, Daya Adaptif, dan Daya Kolaboratif.

Lebih lanjut Kepala Dinas Koperasi UKM DIY menjelaskan bahwa program inkubator ini akan diikuti oleh 300 tenant melalui tahapan inkubasi yang ketat berupa peningkatan kapasitas dan pendampingan terukur yang diharapkan pada akhir tahun akan menghasilkan 15 UMKM DIY yang Naik Kelas.

Sementara Wakil Ketua Kadin DIY memberikan pandangan tentang pentingnya penentuan kriteria UMKM Naik Kelas yang tidak hanya dilihat dari sisi omzet dan asetnya, namun juga melihat aspek-aspek lain seperti legalitas, kapasitas produksi, pajak, bankabilitas, SDM, dan ukuran lainnya.

FGD yang dipandu oleh Cahyadi Joko Sukmono ini berlangsung dengan hangat dan aktif dengan berbagai respon dan masukan dari peserta FGD yang berjumlahs sekitar 35 orang. Diantara usulan dari peserta FGD mengharapkan agar program inkubator ini dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan, serta berkolaborasi dengan multistakeholder seperti kampus, BUMN/D, media, dan komunitas.

Baca Juga:  Mencintai Flora dan Fauna Indonesia

Berikut ini jadwal program Inkubator Bisnis UMKM Naik Kelas DIY :

  • Pendaftaran: 28 Januari – 7 Februari 2019 pukul 24.00 (Online melalui link http://bit.ly/inkubator2019)
  • Pengumuman Peserta Lolos Seleksi: 9 Februari 2019 (Melalui FB: CIS DIY & website: http://www.plutjogja.com/
  • Registrasi ulang: 11-12 Februari 2019 (di PLUT DIY, Jl. Hos Cokroaminoto 162 Kota Yogyakarta)
  • Pelaksanaan Inkubator tahap pertama- akhir: 13 Februari 2019 – Selesai

 

dokumentasi video :
https://web.facebook.com/surgana/videos/10216611990524812/?t=0