KONSULTASI BISNIS UMKM LEBIH MUDAH DENGAN UMKMJOGJA.ID

Kalau kita perhatikan, saat ini sudah terlanjur terjadi tumpang tindih pemahaman bentuk-bentuk jasa pendampingan usaha (bisnis), misal apa bedanya KONSULTAN dengan COACH atau MENTOR, adalagi bentuk INKUBATOR, AKSELERATOR, atau PLASMA INTI. Belum maraknya brand-brand personal seperti TRAINER, INSPIRATOR, MOTIVATOR, dan sebagainya. Saya akan mempublikasikan tulisan-tulisan tentang definisi dan model kerja masing-masing bentuk jasa pendampingan usaha di atas dalam beberapa seri artikel selanjutnya.

5 tahun lalu saat menginisiasi asosiasi profesi konsultan bisnis, yaitu Indonesia Business Consultant Federation (IBCF), tumpang tindih pemahaman itu sudah menjadi salah kaprah, bahkan terjadi di instansi pemerintah dan kampus juga. Misalnya saja penggunaan istilah konsultasi, coaching, dan mentoring yang kurang tepat implementasinya. Bagi anggota IBCF semestinya sudah paham, karena syarat untuk menjadi anggota IBCF adalah mengikuti Pelatihan Tingkat Dasar Manajemen Bisnis Konsultan Bisnis (BKB) yang salah satu materi dasarnya adalah memahami bentuk-bentuk (persamaan dan perbedaan) pendampingan usaha tersebut.

Setelah mengikuti BKB dan menyelesaikan persyaratan standar menjadi anggota IBCF, sudah kita sediakan juga platform inovasi pendampingan melalui www.umkmnusantara.com yang menggunakan basis layanan hybrid (online dan offline). Konsultan anggota IBCF dapat menjalankan layanan sekaligus mengembangkan kapasitas dan kompetensi melalui platform yang telah terkoneksi dengan marketplace dan fintech.

Kabar gembira untuk kawan-kawan konsultan dan pendamping UMKM di DIY, karena Pemda DIY telah sepakat untuk menggunakan platform ini secara official sebagai media kolaborasi multistakeholders (pentahelix) dalam pengembangan UMKM dan Koperasi di wilayah DIY. Portal khusus regional telah kami siapkan dengan www.umkmjogja.id

Dengan portal ini, pendamping UMKM bisa memberikan layanan optimal secara online, sehingga menjadi lebih efektif dan efisien. Bagi UMKM, melalui portal ini Anda dapat memilih pendamping dengan tema dan kompetensi yang Anda butuhkan dengan klik link berikut https://umkmjogja.id/partnercoach/. Kawan-kawan dari IBCF dan juga ABDSI akan siap untuk berdiskusi dengan pelaku UMKM secara online dengan cara klik tombol pesan (message) di masing-masing profil coach partner.

Baca Juga:  3 PRINSIP DALAM BISNIS