Butuh Jasa Konsultan Bisnis ?

Anda butuhkan jasa konsultan untuk bisnis Anda ?

Sebaiknya pahami dahulu bagaimana cara kerja seorang konsultan bisnis agar bisa menjadi solusi bagi permasalahan bisnis Anda.

Definisi Konsultan Bisnis menurut Indonesia Business Consultant Federation (IBCF) adalah profesional yang dibayar untuk memberikan jasa berupa informasi dan pertimbangan bisnis dalam sebuah proses layanan terukur tentang bagaimana mengidentifikasi masalah, menemukan rencana solusi, dan bagaimana mengimplementasikannya. Kalau kita buka KBBI, profesional berarti (1) bersangkutan dengan profesi; (2) memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya; dan (3) mengharuskan adanya pembayaran untuk melakukannya.

Sehingga bisa diartikan seorang konsultan bisnis adalah seseorang yang telah meningkatkan standar kemampuannya dalam layanan jasa untuk mendampingi pelaku bisnis dalam mengidentifikasi permasalahan bisnisnya, membuat rencana solusi, dan menjalankan rencana tersebut secara terukur, dan karena profesinya tersebut konsultan bisnis berhak untuk mendapatkan pembayaran. Seorang konsultan bisnis semestinya telah mengambil pilihan minat bidangnya dan membangun fokus kompetensi yang spesifik. Misalnya saja Anda dapat melihat profil Azzam Baihaqi yang memilih untuk menjadi Digital Creative IT Consultant, ada juga Imam Syafi’i yang membangun brand sebagai Branding Specialist, atau jika Anda membutuhkan konsultasi sekaligus pendampingan dalam foto produk Anda bisa kunjungi profil Yogie Bowie TopNotch SnapGrapher, sementara yang bergerak dalam bidang kuliner Anda bisa berkonsultasi dengan Nurul Indah Khasanah seorang Foodpreneur Booster.

 

Persamaan dan Perbedaan Konsultan, Coach, Mentor

Anda menyebut diri Anda saat ini sebagai konsultan, coach, atau mentor?
Seringkali terjadi salah kaprah dan tumpang tindih dalam penggunaan profesi ini, bahkan terjadi juga pada program-program yang dijalankan pemerintah. Mari kita diskusikan persamaan dan perbedaan antara konsultan, coach dan mentor untuk lebih memahaminya.

Baca Juga:  Layanan Jasa Coaching Bisnis

Persamaan antara konsultan, coach dan mentor adalah sebagai berikut :
1. Ketiganya merupakan bentuk jasa pendampingan bisnis.
Ada banyak model pendampingan bisnis baik berdasar siapa yang didampingi dan siapa yang mendampingi dan model pendampingannya.
2. Ketiganya dijalankan dalam sebuah proses yang terencana dan terukur.
Terencana berarti jasa pendampingan bisnis dijalankan dalam kerangka rencana layanan yang sudah disepakati antara pendamping dengan pelaku bisnis. Terukur berarti setiap jasa pendampingan tersebut mestinya disertai dengan ukuran keberhasilan program pendampingan. Dengan demikian ketiga jasa pendampingan ini membutuhkan waktu untuk bisa memberikan hasil.
3. Ketiganya adalah layanan yang membutuhkan proses, bukan sekali waktu.
Jasa konsultasi, coaching, dan mentoring memerlukan beberapa kali pertemuan dan aktivitas layanan. Jika seorang pelaku usaha datang dan mendiskusikan masalahnya dalam beberapa jam, kemudian tidak ada komitmen atau tindak lanjut yang diikat dalam sebuah kesepakatan, itu tidak bisa disebut jasa konsultasi, atau coaching, atau mentoring.

Perbedaan Konsultan, Coach dan Mentor
1. Seorang mentor adalah pendamping bisnis yang sekaligus pelaku bisnis, sementara konsultan dan Coach tidak mengharuskan seorang pelaku bisnis.
2. Output dari jasa konsultasi adalah business planning dan coimplementing, output dari jasa coaching adalah personal change atau personal development, sementara output dari jasa mentoring adalah inspirasi atau pengalaman.
3. Fokus intervensi konsultasi adalah pada organisasi bisnisnya, sementara fokus intervensi jasa coaching dan mentoring adalah pada pelaku bisnisnya.
4. Konsultan dan Coach adalah profesional dengan pola hubungan jasa, sementara mentor biasanya dalam hubungan kemitraan atau pemberdayaan.

Dengan memahami persamaan dan perbedaan antara jasa konsultasi, coaching, dan mentoring tersebut harapannya dapat menjadi dasar dalam menentukan bentuk jasa mana yang paling sesuai dengan Anda.

Baca Juga:  Layanan Jasa Coaching Bisnis