10 Manfaat Digital Marketing untuk UMKM

Digital marketing untuk UMKM? Banyak orang pelaku UMKM mengernyitkan kening karena belum memahami fungsi digital marketing. Atau kalau tidak, ada pula yang memandang sebelah mata.

Faktanya adalah, internet saat ini begitu mudah diakses. Hampir semua orang menggunakan smartphone dan menenteng HP kemana-mana. Siapa saja, tak hanya generasi milenial hampir setiap saat menatap layar HP.

Dari fakta di atas, tidakkan Anda menyadari sesuatu? Digital marketing atau pemasaran secara digital jelas punya kesempatan sangat besar untuk memberi para pebisnis keuntungan. Tidak hanya perusahaan besar, bisnis rumahan pun sudah seharusnya menggunakan digital marketing untuk mengembangkan usaha.

Pemasaran secara digital telah meninggalkan jauh pemasaran konvensional yang justru banyak membutuhkan biaya dan waktu. Meskipun memang tetap bisa dilakukan, namun digital marketing jelas menjadi sesuatu yang tak boleh diabaikan oleh para pebisnis.

Apakah hanya para pebisnis yang sudah memiliki perusahaan berkembang dan maju? Tentu saja tidak. Para pelaku UMKM pun bisa mengoptimalkan fungsi digital marketing untuk mengembangkan usaha.

Namun kemudian, mungkin ada yang kembali mengernyitkan kening dan bertanya, bukankah digital marketing lebih rumit? Justru digital marketing memberi siapa saja kemudahan untuk memasarkan produk/layanannya.

Selain mudah, digital marketing juga lebih cepat dilakukan dan pebisnis bisa menjangkau lebih banyak orang tanpa mengeluarkan banyak biaya. Jadi, apa saja manfaat digital marketing untuk UMKM? Mari kita simak bersama.

10 Manfaat Digital Marketing untuk UMKM

(Pic. from Digital Marketing)

10 manfaat digital marketing untuk UMKM

Memudahkan interaksi dengan konsumen secara online

Dulu orang-orang harus mencari media cetak untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan tentang suatu produk/layanan. Sekarang, siapa saja bisa dengan mudah memperoleh informasi tentang apa saja secara online.

Bagi pebisnis yang memiliki perusahaan atau bisnis rumahan dan semacamnya, tidak perlu lagi mendatangi konsumen, cukup dengan mengoptimalkan akun-akun media sosial seperti Instagram dan Fanpage, termasuk website dan blog.

Baca Juga:  Membaca Ulang Kerugian Konsumen di Hari Perlindungan Konsumen

Meningkatkan konversi

Bagaimana digital marketing meningkatkan konversi? Kanal-kanal pemasaran digital yang tersedia memampukan pelaku UMKM untuk menjangkau konsumen tertarget dimanapun berada.

Jika Anda sudah memiliki website, sebaiknya juga memiliki blog. Website untuk menawarkan produk/layanan Anda, sementara blog untuk artikel SEO yang berisi informasi agar pengunjung pun memperoleh manfaat dari konten yang Anda sediakan.

Kemudian, apa yang dimaksud dengan konsumen tertarget? Yaitu mereka yang mencari suatu produk UMKM melalui search engine (mesin pencari). Calon konsumen yang mencari melalui mesin pencari akan mengunjungi website atau akun-akun media sosial Anda untuk membeli produk/layanan yang Anda tawarkan.

Menghemat biaya pemasaran

Jika Anda bandingkan biaya marketing konvensional dengan marketing digital, maka akan jelas terlihat marketing secara digital tidak hanya menghemat biaya, tetapi juga menghemat waktu dan energi Anda.

Marketing digital juga membantu Anda menjangkau konsumen secara lebih luas, dan karena lebih luas, maka besar kemungkinan Anda pun memperoleh konsumen baru.

Ini akan cepat terjadi jika Anda menyediakan konten yang tepat. Seperti apakah konten yang tepat? Yaitu konten yang menyediakan detail dari produk Anda. Selain itu, Anda pun perlu memberi tahu pengunjung bahwa dengan memakai/mengonsumsi produk Anda, banyak manfaat yang bisa di dapat.

Dengan menunjukkan manfaat juga keuntungannya, tidak perlu memaksa mereka, maka mereka yang menghubungi Anda. Apalagi pada website atau akun-akun media sosial, Anda juga menyediakan konten testimoni guna meyakinkan orang-orang yang belum mengenal produk Anda.

Membantu melayani konsumen secara real time

Usaha rumahan tetapi bisa real time atau secara langsung melayani konsumen dari luar kota bahkan luar negeri? Mengapa tidak? Melalui website dengan fitur live chat-nya atau fitur chat di akun medsos, Anda bisa berinteraksi dengan orang-orang dari seluruh penjuru dunia.

Baca Juga:  Menata Sistem Perdagangan: Kembali Ke Jati Diri

Jadi, digital marketing tidak hanya membuat Anda menjalankan dan mengelola bisnis lebih mudah, tetapi juga memampukan Anda menjangkau calon konsumen yang tidak mampu Anda jangkau secara cepat karena jarak yang jauh.

Dengan menjangkau lebih banyak konsumen dari dalam maupun luar negeri, maka otomatis penjualan akan meningkat. Layanan real time juga memberi kepuasan terhadap konsumen dan konsumen yang puas akan setiap pada produk Anda.

Membantu pelaku UMKM menjangkau pengguna mobile

Diera digital ini, pengguna mobile (smartphone) meningkat drastis. Hal ini tentu saja, membuat traffic dari mobile pun meningkat. Inilah kesempatan bagi pengusaha untuk meningkatkan penjualan.

Hampir setiap saat orang-orang kini memandang layar HP. Hal ini otomatis memengaruhi perilaku konsumen dalam mencari informasi dan berbelanja.

Bagi pekerja kantor, tentu akan sangat merasa dimudahkan ketika Anda menyediakan layanan mobile. Mereka tidak perlu datang ke kios atau galeri Anda untuk berbelanja yang mereka butuhkan. Tinggal beberapa kali klik dan apapun yang mereka butuhkan siap diantarkan ke alamat.

Meningkatkan laba bersih

Digital marketing memudahkan Anda mendapatkan konsumen baru, oleh karena itu laba Anda pasti meningkat. Selain itu, Anda sudah tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya untuk beriklan secara tradisional.

Ketika biaya pemasaran bisa dihemat, maka Anda sudah tidak perlu lagi mengeluarkan banyak uang untuk memasarkan. Tidak perlu lagi Anda menyisihkan biaya untuk transportasi guna menemui (calon) konsumen untuk memperkenalkan produk Anda.

Membantu Anda siap bersaing

Kemajuan teknologi dan makin maraknya akun0akun media sosial yang digunakan untuk berbisnis dianggap sebagai peluang bagi para pengusaha untuk menawarkan produk mereka.

Melalui website dan blog membuat bisnis Anda tetap bisa dijangkau saat beberapa akun media sosial mungkin tidak lagi menjadi tren. Dengan begitu, posisi Anda tetap dalam kondisi siap bersaing.

Baca Juga:  Kriteria Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah

Berikan layanan yang memudahkan melalui website serta blog Anda. Buat pengunjung berlama-lama di sana dengan menyajikan konten yang menarik dan tentu saja, bermanfaat.

Membantu pengusaha meningkatkan pendapatan

Pelaku konsumen yang kini lebih senang berbelanja online membuat bisnis online pun mengalami peningkatan pendapatan. Digital marketing membantu pengusaha untuk lebih cepat menawarkan serta memasarkan produk/layanannya.

Membantu pengusaha untuk siap bersaing

Sebelum digital marketing ada, bersaing dengan perusahaan besar menjadi hal mustahil, karena jelas dari segi biaya pemasaran pelaku UMKM jauh tertingga. Namun dengan digital marketing, bersaing dengan perusahaan besar bukan lagi cuma impian.

Apalagi jika pengusaha kecil terus berbenah memperbaiki produk dan layanannya. Maka go international pun menjadi sangat mungkin.

Membantu pengusaha untuk bersiap menghadapi Era Internet of Things

Apa itu Era Internet of Things? Ini adalah era dimana berbagai gadget dan smartphone serta alat-alat komunikasi menjadi satu ekosistem. Ekosis tem online ini lah yang nantinya menjadi kolam bagi pengusaha dari berbagai tingkat untuk menjaring konsumennya.

Jika tidak selalu berinovasi dan memperbaiki kualitas serta kemasan, maka tidak mungkin bersaing secara offline, apalagi online. Kemudahan mengunggah produk berupa foto dan video menjadi media bersaing yang tidak boleh diabaikan.

Dari konten teks, foto dan video, konten video lah yang paling banyak peminatnya. Maka ada baiknya untuk memulai aktif juga di akun media sosial yang menyediakan platform untuk mengunggah video. Bagaimana, siap mengoptimalkan digital marketing untuk UMKM? Selamat berjuang!